Jenis Alat Pel Lantai yang Patut Kamu Ketahui Kegunaannya Masing-masing

Tipe lantai tiap bangunan biasanya berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan pada bangunan tersebut. Ada lantai yang licin, ada yang keset. Ada lantai yang berada di luar ruangan, ada pula lantai dalam ruangan. Ada lantai di ruang keluarga, ada pula lantai dapur, yang biasanya memang memiliki dasar yang berbeda-beda.

Untuk membersihkan lantai biasanya, lantai akan dipel. Dan alat pel lantai pun berbeda-beda sesuai dengan kontur lantai yang akan dibersihkan. Mengepel menggunakan alat pel yang tepat akan membuat lantai menjadi bersih sempurna.

Berikut kami nukilkan beberapa jenis alat pel yang mungkin dapat kamu pilih untuk digunakan mengepel lantai. Pastikan pel lantai dengan jenis alat pel yang sesuai ya.

Flat mop

Jika memiliki lantai rumah berbahan vinyl atau kayu, jenis pel dengan ujung kepala datar atau flat mop menjadi pilihan tepat karena jenis pel ini kering dan tidak menyebabkan lantai terlalu becek. Karena bentuknya yang ramping, flat mop bisa menjangkau kotoran di bawah lemari atau meja. Pada beberapa tipe, kamu bisa melepas kain pada alat pel dan mencucinya dengan mesin cuci.

Sponge mop

Jika memiliki anak kecil yang suka menumpahkan minuman ke lantai, sponge mop bisa menjadi pilihan tepat. Sesuai dengan namanya, sponge mop memiliki kepala pel berbahan busa yang sangat mudah menyerap air.

String mop

Pel jenis ini sangat sering digunakan. Biasanya, untuk menggunakannya, perlu memakai ember. Namun, banyak orang tidak menyukai jenis pel ini karena harus memerasnya terlebih dulu sebelum digunakan untuk mengepel. Namun, banyak string pel yang kini sudah dilengkapi pemutar pel otomatis sekaligus ember sehingga lebih mudah dan praktis digunakan.

Dust mop

Dust mop atau pel debu berfungsi membersihkan debu yang menempel pada permukaan lantai, kipas angin langit-langit, atau jendela. Karena fungsinya membersihkan debu, pel jenis ini sangat baik untuk digunakan terlebih dulu sebelum proses mengepel menggunakan air. Meski memiliki fungsi yang mirip seperti sapu, kain pada kepala pel ini lebih efektif untuk mengangkat debu yang menempel pada permukaan.

Strip mop

Memiliki bentuk seperti string mop, strip mop memiliki kepala pel berbahan kain yang dipotong memanjang sehingga membentuk seperti sekumpulan strip kain. Jenis pel ini bisa digunakan sebagai pel basah ataup pel kering seperti membersihkan permukaan dari debu. [disarikan dari berbagai sumber]

Leave a Reply