Beberapa Hal yang Harus Kamu Hindari Sebagai Seorang Resepsionis Profesional

Profesi resepsionis atau penerima tamu adalah etalasenya sebuah perusahaan. Sebagai seorang frontliner, maka resepsionis harus mampu menjadi representasi dari citra baik perusahaan. Resepsionis yang gagal meninggalkan kesan baik terhadap tamu perusahaan, akan membuat citra perusahaan jadi buruk di mata tamunya.

Seorang resepsionis profesional saat menjalankan tugasnya di bagian paling depan sebuah kantor harus memiliki pengetahuan tentang cara bersikap dan cara melayani tamu perusahaan dengan maksimal. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dihindari resepsionis agar kesan nyaman dan puas didapat oleh para tamu yang datang.

Jangan Buat Tamu Menunggu Lama

Ketika tamu datang berkunjung, jangan membuat ia menunggu terlalu lama. Usahakan pelayanan tentang kebutuhan si tamu dilakukan sesegera mungkin, sehingga si tamu merasa disambut ketika hadik ke kantor tersebut.

Dilarang Bersandar dengan Siku di Meja Penerima Tamu

Sikap seperti ini secara manner merupakan sikap yang tidak baik karena cenderung menunjukkan sikap malas. Sebaiknya hindari posisi seperti ini saat berada di meja resepsionis, dan ubahlah dengan sikap cekatan.

Jangan Mengunyah atau Makan Saat Ada Tamu

Bersikaplah profesional. Saat menerima tamu, jangan sampai kamu makan sesuatu misalnya permen karet, snack, atau lainnya, karena ini menandakan kamu kurang menghormati tamu yang datang. Makanlah snack di tempat lain, misalnya di pantry, karena area front desk adalah area yang perlu dijaga kebersihan dan kerapiannya.

Hindari Bercanda dengan Teman

Bercanda dengan teman ketika sedang bekerja bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Apalagi oleh seorang resepsionis profesional. Kesan elegan dan menawan harus bisa kamu tonjolkan kepada tamu yang datang. Jika bercanda, maka kesan tersebut akan hilang.

Jangan Berharap Diberi Tip

Terhadap seluruh pelayanan yang kamu berikan kepada si tamu, jangan pernah berharap diberi tip. Mengharapkan tip dari tamu akan membuatmu terkadang mengeluarkan kesan dan sikap yang kurang bersahabat ketika tamu tidak memberi tip. Yuk jangan jadi tip hunter ya, karena itu adalah cela bagi resepsionis.

Hindari Berdebat dengan Tamu

Terkadang resepsionis harus menghadapi tingkah dan sikap tamu yang beragam. Sangat mungkin terjadi miskomunikasi dan mispersepsi. Sebagai profesional resepsionis, kamu sebaiknya menghindari komunikasi dengan intonasi tinggi kepada tamu apa lagi hingga berdebat keras. Cobalah menjadi sosok yang solutif terhadap masalah atau komplain yang sedang diajukan si tamu.

Meja Resepsionis Jangan Berantakan

Meja kerja yang rapi akan sangat memudahkan kamu melayani tamu. Misalnya jangan sampai posisi komputer atau laptop kita menghalangi kita saat bertatap muka langsung dengan tamu. Kemudian tatalah meja dengan baik dan rapi sehingga tamu yang memandangnya mendapatkan kesan rapi tersebut.

Hindari Penggunaan Beberapa Kata Berikut

Kata “Harus, Murah, Mahal” merupakan kata-kata yang sebaiknya dihindari oleh resepsionis saat melayani tamu. Kata-kata tersebut memiliki tendensi yang kurang baik dalam penggunaannya. Cobalah pilih kata yang lebih persuasif dengan tamu.

Itulah beberapa tips dari kami agar kamu lebih piawai dalam menjalani profesi resepsionis di sebuah kantor atau perusahaan. MultiClean Indonesia menyalurkan petugas resepsionis profesional yang tentunya dapat membantu perusahaan Anda tampil lebih optimal di mata klien, pelanggan, atau tamu. Tentunya profesional resepsionis yang dimiliki MultiClean Indonesia telah dibekali ilmu dan pengalaman melalui pelatihan dan sertifikasi seputar profesi penerima tamu.

Leave a Reply